085659294486
085659294486
085659294486

Adakah Gula Untuk Diabetes Yang Aman Dikonsumsi ?

Thursday, February 23rd 2017. | Mengenal Diabetes

Adakah Gula Untuk Diabetes Yang Aman Dikonsumsi?

Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja tanpa pandang latar belakang dan usia. Untuk itu, tetap menjalankan hidup sehat secara konsisten dapat membuat kadar gula dalam darah di batas normal serta dapat meminimalisir terserang resiko penyakit diabetes. Saat ini anda tak perlu merasa kesulitan untuk menerapkan pola hidup sehat karena anda dapat menggunakan beragam gula untuk diabetes yang berfungsi untuk mengontrol asupan gula yang diperlukan oleh tubuh.

Gula rendah kalori adalah jenis gula untuk penderita diabetes. Gula yang mempunyai kandungan kalori rendah aman dikonsumsi karena mempunyai rasa manis namun tidak menaikkan kadar gula yang ada di dalam darah. Beberapa jenis gula atau pemanis alternative yang bisa dikonsumsi untuk para penderita diabetes adalah acesulfam-K, stevia, aspartame, dan sukralose.

Gula Untuk Diabetes Yang Aman

Gula Untuk Diabetes Yang Aman

Fakta tentang jenis-jenis gula untuk diabetes

Jenis gula yang pertama adalah sukralosa yang merupakan pemanis yang sudah dimodifikasi dari gula pasir atau sukorosa sehingga mempunyai tingkat rasa manis yang cukup tinggi. Sukralosa merupakan gula untuk diabetes yang mempunyai tingkat rasa manis hingga 750 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan sukrosa. Sukralosa biasanya banyak digunakan pada berbagai jenis minuman dan makanan seperti es krim, permen karet, minuman berpemanis, dan buah kaleng. Jenis gula yang selanjutnya adalah Acesulfam-K. Gula ini mempunyai tingkat rasa manis hingga 200 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan sukrosa. Acesulfam merupakan gula untuk diabetes rendah kalori yang cocok untuk digunakan dalam proses memanggang atau memasak. Maka, penggunaan gula ini banyak ditemukan di berbagai jenis minuman dan makanan seperti permen, buah kaleng, selai, roti, dan produk susu.

Jenis gula yang selanjutnya adalah aspartam. Gula yang satu ini berasal dari kombinasi dua asam amino yaitu aspartat dan fenilanin. Aspartam adalah pemanis yang rendah kalori dengan tingkat rasa manis sekitar 200 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan sukrosa. Bisanya, aspartame lebih banyak digunakan untuk pengganti gula pasir dalam kopi, teh, yoghurt, produk susu, sirup obat, ataupun snack bar. Baik aspartame, acesulfam-K, dan sukralosa sudah diuji dan dikategorikan sebagai jenis bahan tambahan pangan yang tidak berbahaya dan aman untuk dikonsumsi.

Jenis gula terakhir yang aman untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes adalah stevia. Gula ini adalah gula alternative yang berasal dari daun sebuah tanaman dengan nama latin stevia rebaudiana bertoni. Stevia adalah pemanis alam non kalori yang berasal dari kawasan Amerika Selatan terutama di daerah Paraguay dan Brazil. Stevia adalah gula untuk diabetes yang mempunyai tingkat rasa manis sekitar 50 hingga 300 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan sukrosa. Stevia sudah banyak digunakan untuk jus buah, pastry, produk roti, permen karet, dan pengganti gula pasir pada kopi dan teh ataupun untuk memasak.

Deskripsi: gula untuk diabetes yang aman untuk dikonsumsi adalah jenis gula dengan kandungan kalori yang rendah seperti stevia, sukralosa, aspartam, dan acesulfam-K.

Baca juga : Mengenal Bermacam-Macam Pengobatan Alternatif Diabetes

tags: , , , , , , , ,

Artikel lain Adakah Gula Untuk Diabetes Yang Aman Dikonsumsi ?