Mengetahui Gejala Diabetes Melitus Sejak Dini

Friday, February 24th, 2017 - Mengenal Diabetes

Mengetahui Gejala Diabetes Melitus Sejak Dini

Advertisements
banner 269x364

Diabetes merupakan kondisi dimana gula darah atau glukosa di dalam tubuh dalam kadar yang terlalu tinggi. Glukosa darah merupakan salah satu jenis gula yang dapat ditemukan dalam darah serta bermanfaat sebagai salah satu sumber energi utama. Namun jika kadar gula dalam darah terlalu tinggi maka berdampak buruk untuk kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Untuk itu, mengenali gejala diabetes melitus adalah langkah awal supaya anda terhindar dari penyakit ini.

Advertisements
banner 269x364


Gejala diabetes melitus: gejala umum

Salah satu gejala umum diabetes melitus adalah sering merasa haus. Kadar glukosa yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan peningkatan produksi urin yang cukup tinggi di dalam tubuh serta menyebabkan semakin lebih sering untuk buang air kecil. Karena seringnya buang kecil tersebut kemudian menyebabkan para penderita diabetes kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi akibatnya mulut sering kering dan merasa sering haus. Keadaan kelebihan glokosa yang ada di dalam darah menyebabkan ginjal bereaksi dengan cara menyiram glukosa dari dalam darah serta ke dalam urin. Hal ini kemudian menyebabkan produksi urine lebih banyak dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya.

Mengetahui Gejala Diabetes Mellitus Sejak Dini

Mengetahui Gejala Diabetes Melitus Sejak Dini

Berat badan yang turun secara drastis dan tiba-tiba juga merupakan gejala diabetes melitus. Menurut penelitian, orang yang terkena penyakit diabetes, sel-sel yang ada didalam tubuh tidak akan cukup untuk mendapatkan glukosa. Gejala awal diabetes melitus ini kemudian mengakibatkan penurunan berat badan. Buang air kecil yang terlalu sering juga memicu kehilangan banyak kalori dan air. Hal ini juga menjadi pemicu turunnya berat badan.

Seseorang yang terkena penyakit diabetes juga akan cepat merasa lapar. Umumnya, penderita diabetes mengalami resistensi insulin, suatu keadaan dimana tubuh tidak mampu menggunakan insulin dengan cukup baik untuk membantu glukosa dalam darah masuk ke dalam sel-sel tubuh. Misalnya, beberapa kasus penderita diabetes, insulin tidak mampu bekerja dengan baik di lemak, otot, serta jaringan lain. Hal ini kemudian membuat organ yang memproduksi insulin, pankreas bekerja lebih ekstra serta mencoba untuk mengeluarkan insulin dalam jumlah lebih banyak. Hal ini mengakibatkan tingkat insulin yang menjadi lebih tinggi daripada yang seharusnya.

Selain itu, kaki mati rasa atau kesemutan juga merupakan tanda-tanda bahwa seseorang terkena penyakit diabetes. Seiring dengan berjalannya waktu, kontak yang terlalu lama dan diakibatkan oleh glukosa yang tinggi dapat merusak sel-sel saraf yang ada di seluruh tubuh. Kondisi ini dinamakan sebagai neuropati diabetes. Beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala diabetes melitus ini, namun yang paling umum yaitu kesemutan, mati rasa, serta timbul rasa nyeri. Biasanya, gejala ini diawali dari kaki kemudian ke bagian tubuh bagian atas. Gejala yang satu ini juga bisa terjadi pada orang-orang yang terkena pradiabetes.

Deskripsi: gejala diabetes melitus bisa dikenali sejak dini supaya bisa segera diatasi. Gejala tersebut antara lain sering haus, sering buang air kecil, dan lainnya.

Baca juga : Adakah Gula Untuk Diabetes Yang Aman Dikonsumsi?

Advertisements
banner 269x364

Mengetahui Gejala Diabetes Melitus Sejak Dini | admin | 4.5